Cara Konfigurasi VPN pada Jalur Loadbalance

Agustus 18, 2023


 


Cara Konfigurasi VPN pada Jalur Loadbalance - Sebelum melangkah lebih jauh, tentu kita perlu berkenalan terlebih dahulu dengan loadbalance itu sendiri. Dari kata Load and Balance, load berarti memuat / memproses, dan balance berarti seimbang. Sehingga dapat diartikan loadbalance merupakan suatu metode pemrosesan traffic yang dibagi sama rata.

Lantas apa hubungannya loadbalance dengan vpn perwiramedia?, mengapa perlu di route ke salah satu isp?. 

Masih ingat, konfigurasi loadbalance ?, pada konfigurasi tersebut, masing-masing traffic dipetakan dan diarahkan ke sumber internet yang ada. Sama halnya dengan traffic lain, traffic vpn di perwiramedia tentu perlu dipetakan dan diarahkan.

Sebagai contoh, apabila vpn di perwiramedia tidak diarahkan. 
Ketika ada traffic vpn masuk ke server melalui ISP A, kemudian keluar melalui ISP B. Maka, koneksi L2TP akan terputus. Biasanya ditandai dengan Terminating - Session Closed untuk keterangan pada log mikrotik.

Untuk menghindari hal tersebut, maka perlu di route ke gateway salah satu ISP. Berikut saya gambarkan topologi jaringan yang memiliki konfigurasi loadbalance dan tentunya terpasang VPN dari perwiramedia.com .




Dari topologi diatas, terdapat dua ISP dengan gateway 192.168.1.1 dan 192.168.10.1 . Yang di loadbalance pada server terpisah dengan server distribusi. Dan terdapat VPN Perwiramedia pada server distribusi. 

Bagaimana cara meroute VPN ke salah satu ISP?, dan di server mana ?

Baik, untuk meroute VPN tentu dilakukan di server loadbalance. Dan route yang perlu dilakukan adalah meroute gateway VPN ke gateway salah satu ISP. Berikut contohnya.

VPN yang saya contohkan adalah VPN IP Publik Server Indonesia dari perwiramedia. dengan gateway 41.216.185.4.

Note : Gateway bisa dilihat di active services clientarea.perwiramedia.com . atau sama dengan connect to pada dial l2tp.



Apabila saya akan meroute VPN ke ISP A, maka berikut caranya.

1. Pertama tentu buka aplikasi Winbox.

2. Masuk ke menu IP > Routes



3. Tekan tombol + kemudian klik Apply dan OK



Note :

Dst address : diisi gateway dari VPN perwiramedia

Gateway : diisi gateway dari salah satu ISP


Pastikan status routenya active  dan reachable. Dan konfigurasi route ke salah satu isp telah selesai. :)