Tutorial Mengonlinekan Web Server Menggunakan IP Publik di Mikrotik Dari Perwiramedia

Januari 26, 2023

Tutorial Mengonlinekan Web Server Menggunakan IP Publik Dari Perwiramedia - Setelah selesai melakukan konfigurasi pemasangan ip publik pada server. Selanjutnya kita perlu menambahkan beberapa langkah lagi untuk konfigurasi port forwarding. 





Port Forwarding merupakan layanan yang dapat mengakses perangkat dari jarah jauh dengan memanfaatkan port tertentu yang dibuat sesuai keinginan pemilik IP Publik.

Langkah pertama ialah, buka terminal pada winbox, kemudian modifikasi script dibawah ini sesuai ip publik, port dan alamat tujuan :

/ip firewall nat add chain=dstnat dst-address=41.216.186.100 protocol=tcp dst-port=80 action=dst-nat to-addresses=192.168.1.5 to-ports=5774



Dari script diatas perlu diganti inputannya seperti :
  • dst-adress= ip publik yang dimiliki dari perwiramedia
  • dst-port= port yang ingin dibuat(bebas)
  • to-addresses= alamat ip perangkat yang ingin di akses menggunakan port forwarding
  • to-port= port default dari aplikasi dapodik, yaitu 5774

Apabila sudah, maka web server sudah bisa diakses melalui jaringan internet, silahkan ketikkan alamat ip publik pada browser.

FYI, script diatas bisa diedit dan ditambahkan untuk aplikasi lain, seperti ERapor, MPD dan lain sebagainya.



Selamat, Mengonlinekan Web Server Menggunakan IP Publik Dari Perwiramedia , telah selesai.

Agar ip public dapat diakses pada jaringan lokal yang terpasang ip public, maka diperlukan konfigurasi tambahan untuk menambahkan Hairpin Nat. Berikut ini scriptnya. 

/ip firewall nat add chain=srcnat src-address=192.168.5.0/24 dst-address=192.168.1.5 protocol=tcp comment="Hairpin Nat 192.168.1.5" action=masquerade
Dari script diatas perlu diganti inputannya seperti :
  • src-address : network dari jaringan lokal
  • dst-address : alamat ip jaringan lokal server 



Apabila aplikasi atau port tujuan belum bisa diakses, kemungkinan besar port masih tertutup oleh sistem di windowsnya. Berikut ini cara membuka port yang diinginkan.

Pertama, klik search bar, dan ketikkan firewall. Masuk ke Windwos Defender Firewall.



Selanjutnya, masuk pada menu advance setting

Pada inbound rules klik pada new rule


Untuk rule type pilih Port kemudian next


Spesific local ports diisi port yang ingin dibuka aksesnya. sebagai contoh, biasanya untuk website port yang digunakan 80. Database sql 1433 dan lain sebagainya. Namun karna ini untuk dapodik yang portnya 5774, maka saya mengisi dengan 5774. kemudian Next



Action biarkan default kemudian next 


Profile biarkan default kemduian next


Name diisi sesuai note yang sesuai, hanya untuk penanda saja. Karna saya membuka port 5774 yang berarti port dapodik. maka saya kasih note Dapodik. Kemudian Finish




Setelah klik finish maka role sudah berhasil ditambahkan. Dan IP Publik sudah dapat mengakses port tersebut




Selamat, aplikasimu sudah online dan dapat digunakan. Apabila masih ada kesulitan, jangan sungkan-sungkan untuk berkonsultasi dengan admin ya. :)