Tutorial Konfigurasi Port Forwarding Mikrotik Menggunakan IP Publik dari Perwiramedia

Agustus 18, 2023



Tutorial Konfigurasi Port Forwarding Menggunakan IP Publik dari Perwiramedia - Setelah selesai melakukan konfigurasi pemasangan ip publik pada server. Selanjutnya kita perlu menambahkan beberapa langkah lagi untuk konfigurasi port forwarding. 


Port Forwarding merupakan layanan yang dapat mengakses perangkat dari jarah jauh dengan memanfaatkan port tertentu yang dibuat sesuai keinginan pemilik IP Publik.

Langkah pertama ialah, buka terminal pada winbox, kemudian modifikasi script dibawah ini sesuai ip publik, port dan alamat tujuan :

/ip firewall nat add chain=dstnat dst-address=41.216.186.100 protocol=tcp dst-port=99 action=dst-nat to-addresses=192.168.99.2 to-ports=80

Dari script diatas perlu diganti inputannya seperti :
  • dst-adress= ip publik yang dimiliki dari perwiramedia
  • dst-port= port yang ingin dibuat(bebas)
  • to-addresses= alamat ip perangkat yang ingin di akses menggunakan port forwarding
  • to-port= port default dari akses perangkat tersebut, saya menggunakan akses point tplink, dimana remote aksesnya melalui port 80 atau port web
Langkah selanjutnya ialah membuka akses remote manajemen pada masing-masing akses point(bila ada). Dikarenakan saya menggunakan Tplink Wr840 dimana perangkat tersebut membutuhkan dibukanya akses remote manajemen, maka perlu dilakukan satu perubahan konfigurasi pada akses point tersebut.



Apabila konfigurasi telah selesai dilakukan, mari kita coba untuk mengakses tplink melalui jalur internet selular / gsm. Dengan menuliskan ip publik yang dimiliki kemudian diberi tanda : dan diikuti dengan port yang telah dibuat.
IPPUBLIK:PORT = 41.216.186.100:99

 

Selamat, Konfigurasi Port Forwarding Menggunakan IP Publik dari Perwiramedia , telah selesai.